Search Suggest

TRANSLATE

MONITORING JARINGAN KOMPUTER

Monitoring Jaringan adalah suatu proses pengamatan dan analisis terhadap data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumbe
network
Monitoring Jaringan adalah suatu proses pengamatan dan analisis terhadap data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki dalam suatu jaringan komputer. Monitoring jaringan juga dapat membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada. Banyak hal dalam jaringan yang bisa dimonitoring, salah satu diantaranya load traffic jaringan yang lewat pada sebuah router atau interface komputer. 


Secara umum ada 2 yang sering dilakukan monitoring yaitu :

- Connection Monitoring
                 Connection monitoring adalah teknik monitoring jaringan yang dapat dilakukan dengan melakukan tes ping antara monitoring station dan device target, sehingga dapat  diketahui bila koneksi terputus.
- Traffic Monitoring
                Traffic monitoring adalah teknik monitoring jaringan dengan melihat paket aktual dari traffic pada jaringan dan menghasilkan laporan berdasarkan traffic jaringan.


          Untuk mempermudah monitoring jaringan juga bisa menggunakan bantuan software monitoring seperti IP Host Network Monitor, Wireless Networ Watcher, NCS Network Scaner, Nmap, Wire Shark, Look@Lan, Dude dan lain sebagainya. 
Baca Juga

إرسال تعليق