Apa Itu Digital Marketing ?
Digital marketing adalah strategi pemasaran dengan
memanfaatkan media media promosi digital contohnya promosi / periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google,
Bing, Yahoo, dll), website, media sosial, email, dan aplikasi.
Jenis Digital Marketing
1. Search Engine Marketing (SEM)
Search engine marketing atau SEM adalah jenis digital marketing yang fokus pada
promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan
sebagainya. Strategi digital marketing satu ini dilakukan melalui pembuatan
website, landing page (website khusus promosi), pemasangan Ads, dan sebagainya.
2. Social Media Marketing
Jenis berikutnya dari digital marketing adalah pemasaran media sosial. Anda
bisa menerapkan jenis digital marketing satu ini dengan memanfaatkan berbagai
media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media
lain sesuai target konsumen Anda.
3. Email Marketing
Jenis digital marketing yang ketiga adalah email marketing, yaitu pemasaran
melalui surat elektronik (surel). Strategi digital marketing satu ini paling cocok
diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B).
4. Digital Advertising
Seperti namanya, digital advertising atau digital ads adalah jenis digital
marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari
website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya
Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.
5. Content Marketing
Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten,
baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, atau video. Proses content
marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email
marketing, atau digital ads.
6. Customer Service Automation
Jenis keenam dari digital marketing adalah otomasi sistem pelayanan konsumen.
Adanya otomasi membuat perusahaan bisa mendapat informasi tentang calon
konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali.
Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS atau tenaga
penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).
7. Affiliate / Dropshipping
Jenis digital marketing terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah program
affiliate atau dropshipping. Saat menerapkan strategi digital marketing satu
ini, Anda bisa mendapat profit dari tengkulak online (dropshipper) seraya
membantu mereka mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri
8. Influencer Marketing
Influencer marketing saat ini menjadi tren di kalangan bisnis menengah ke atas untuk meningkatkan citra dan penjualan. Jenis digital marketing ini menggabungkan format pemasaran tradisional dan modern.Secara umum, influencer marketing adalah kerja sama antara bisnis dengan content creator dengan tujuan utama untuk memasarkan produknya dalam jangka waktu panjang.
Strategi Digital Marketing
1. Search Engine Optimization (SEO)
Strategi pertama digital marketing adalah SEO, yaitu usaha untuk mendapatkan
lebih banyak pengunjung website secara organik, tanpa memasang iklan. Contoh
digital marketing di bidang SEO misalnya pembuatan artikel, optimasi kecepatan
situs, pemasangan link situs di website lain, dan sebagainya.
2. Aktivasi Social Media (Facebook,Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, dan sebagainya)
Strategi kedua adalah aktivasi media sosial. Contoh digital marketing di bidang
social media misalnya mengunggah konten secara rutin ke medsos, membangun engagement dengan followers, melakukan endorsement, dan masih banyak lagi.
3. Analisa dan Penelusuran Data
Strategi digital marketing,yang ketiga adalah penelusuran dan analisa data yang
sudah kita dapatkan. Setiap keputusan yang diambil dalam proses pemasaran
digital wajib berlandaskan pada data, mulai dari data traffic website, media
sosial sampai kampanye iklan online.
4. Knowledge Marketing
Strategi ke empat Knowledge marketing yaitu strategi digital marketing dengan
memberikan informasi bermanfaat atau ilmu baru kepada calon konsumen. Contoh
digital marketing melalui penyebaran knowledge misalnya email marketing dan
pembuatan ebook (buku digital) gratis.
5. Google dan Social Media Ads
Strategi digital marketing yang ke lima adalah Google dan Social Media Ads.
Saat membuat Ads, Anda harus memastikan konten iklan punya pesan dan target
konsumen yang tepat. Sehingga Ads tersebut bisa menghasilkan penjualan sesuai
harapan.
6. Leads Generation
Strategi digital marketing yang ke enam adalah leads
generation. Di dunia pemasaran, leads diartikan sebagai segala jenis
kontak yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungi konsumen, mulai dari nomor
telpon, akun medsos, hingga email. Supaya bisa mendapat leads sesuai target,
Anda bisa membuat konten-konten lead magnet (penarik
leads), seperti seminar atau buku gratis.
7. Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling
Selain ke enam strategi diatas , teknik / strategi penjualan paling umum juga
bisa diterapkan dalam menerapkan strategi digital marketing di antaranya hard-selling, soft-selling,
dan hypno-selling.