Search Suggest

TRANSLATE

Digital Marketing

apa itu digital marketing, digital marketing, strategi marketing, SEO, soscial media marketing, digital Advertising, email marketing, social media ads

 

Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketing ?

Digital marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan media media promosi digital contohnya promosi / periklanan yang disebarkan melalui mesin pencarian (Google, Bing, Yahoo, dll), website, media sosial, email, dan aplikasi.


Jenis Digital Marketing

1. Search Engine Marketing (SEM)

Search engine marketing atau SEM adalah jenis digital marketing yang fokus pada promosi produk melalui mesin pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan sebagainya. Strategi digital marketing satu ini dilakukan melalui pembuatan website, landing page (website khusus promosi), pemasangan Ads, dan sebagainya.

2. Social Media Marketing

Jenis berikutnya dari digital marketing adalah pemasaran media sosial. Anda bisa menerapkan jenis digital marketing satu ini dengan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti Youtube, Tiktok, Instagram, Twitter, Facebook, dan media lain sesuai target konsumen Anda.

3. Email Marketing

Jenis digital marketing yang ketiga adalah email marketing, yaitu pemasaran melalui surat elektronik (surel). Strategi digital marketing satu ini paling cocok diterapkan oleh usaha dengan model business-to-business (B2B).

4. Digital Advertising

Seperti namanya, digital advertising atau digital ads adalah jenis digital marketing berupa pemasangan iklan di berbagai channel online, mulai dari website sampai media sosial. Beberapa channel digital ads terpopuler misalnya Google Ads, FB/IG Ads, Youtube Ads, dan Tiktok Ads.

5. Content Marketing

Content marketing adalah jenis digital marketing dengan sarana berupa konten, baik yang bentuknya tulisan, audio, gambar, atau video. Proses content marketing biasanya dilakukan beriringan dengan social media marketing, email marketing, atau digital ads.

6. Customer Service Automation

Jenis keenam dari digital marketing adalah otomasi sistem pelayanan konsumen. Adanya otomasi membuat perusahaan bisa mendapat informasi tentang calon konsumen sejak mereka berinteraksi dengan produk/perusahaan pertamakali. Setelah itu, informasi tersebut bisa langsung diteruskan ke CS atau tenaga penjualan untuk proses closing (terjadinya penjualan).

7.  Affiliate / Dropshipping

Jenis digital marketing terakhir yang bisa Anda manfaatkan adalah program affiliate atau dropshipping. Saat menerapkan strategi digital marketing satu ini, Anda bisa mendapat profit dari tengkulak online (dropshipper) seraya membantu mereka mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri

8. Influencer Marketing

Influencer marketing saat ini menjadi tren di kalangan bisnis menengah ke atas untuk meningkatkan citra dan penjualan. Jenis digital marketing ini menggabungkan format pemasaran tradisional dan modern.Secara umum, influencer marketing adalah kerja sama antara bisnis dengan content creator dengan tujuan utama untuk memasarkan produknya dalam jangka waktu panjang.


Strategi Digital Marketing 

1. Search Engine Optimization (SEO)

Strategi pertama digital marketing adalah SEO, yaitu usaha untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung website secara organik, tanpa memasang iklan. Contoh digital marketing di bidang SEO misalnya pembuatan artikel, optimasi kecepatan situs, pemasangan link situs di website lain, dan sebagainya.

2. Aktivasi Social Media (Facebook,Instagram, Twitter, Youtube, Tiktok, dan sebagainya)

Strategi kedua adalah aktivasi media sosial. Contoh digital marketing di bidang social media misalnya mengunggah konten secara rutin ke medsos, membangun engagement dengan followers, melakukan endorsement, dan masih banyak lagi.

3. Analisa dan Penelusuran Data

Strategi digital marketing,yang ketiga adalah penelusuran dan analisa data yang sudah kita dapatkan. Setiap keputusan yang diambil dalam proses pemasaran digital wajib berlandaskan pada data, mulai dari data traffic website, media sosial sampai kampanye iklan online.

4. Knowledge Marketing

Strategi ke empat Knowledge marketing yaitu strategi digital marketing dengan memberikan informasi bermanfaat atau ilmu baru kepada calon konsumen. Contoh digital marketing melalui penyebaran knowledge misalnya email marketing dan pembuatan ebook (buku digital) gratis.

5. Google dan Social Media Ads

Strategi digital marketing yang ke lima adalah Google dan Social Media Ads. Saat membuat Ads, Anda harus memastikan konten iklan punya pesan dan target konsumen yang tepat. Sehingga Ads tersebut bisa menghasilkan penjualan sesuai harapan.

6. Leads Generation

Strategi digital marketing yang ke enam adalah leads generation. Di dunia pemasaran, leads diartikan sebagai segala jenis kontak yang dapat dimanfaatkan untuk menghubungi konsumen, mulai dari nomor telpon, akun medsos, hingga email. Supaya bisa mendapat leads sesuai target, Anda bisa membuat konten-konten lead magnet (penarik leads), seperti seminar atau buku gratis.

7. Hard-selling, Soft-selling, dan Hypno-selling

Selain ke enam strategi diatas , teknik / strategi penjualan paling umum juga bisa diterapkan dalam menerapkan strategi digital marketing di antaranya hard-sellingsoft-selling, dan hypno-selling.

 

 

 

 

 

Baca Juga

إرسال تعليق