Search Suggest

TRANSLATE

Mikrofon Condenser dan Dynamic

beda mic condenser dan dynamic, mic condenser dan dynamic,kelebihan kekurangan mic condenser dan dynamic,

 

Beda mic condenser dan dynamic

Seperti yang telah saya janjikan di postingan sebelumnya yang menjelaskan tentang peralatan podcast, kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang perbedaan mikrofon condenser dan dynamic, serta kelebihan dan kekurangannya, karena dua jenis mikrofon ini merupakan mikrofon yang paling sering dipakai terutama untuk kebutuhan rekaman maupun podcast.

Mikrofon  Condenser

www.getlucky.my.id

Mic condenser merupakan mikrofon yang memiliki kemampuan menangkap sumber suara dengan power yang lemah sekalipun

Pada mikrofon condenser, terdapat sebuah membran atau diafragma. Membran tersebut akan bergetar saat ada suara, sekecil apapun suara itu, yang mengenainya.

Jika membran tersebut bergetar, maka akan mengaktifkan sinyal listrik untuk kemudian diolah menjadi suara di pre-amplifier.

Untuk mengaktifkan mic condenser, dibutuhkan daya sekitar 48V dan itu didapatkan dari pre amplifier dengan mengontrol volume di phantom power yang ada di mixer atau pre-amplifier.

Mikrofon condenser dapat menangkap suara secara detil dan utuh, termasuk suara dengan power yang kecil sekalipun. Karenanya, mikrofon ini banyak digunakan sebagai mikrofon di studio rekaman, terutama saat merekam suara vokal dari penyanyi.  Untuk mengurangi noise yang timbul dalam pemakaian mikrofon condenser bisa menggunakan pop filter.

BACA JUGA : - Peralatan Podcast dan Harganya 


Mikrofon Dynamic

www.getlucky.my.id

Mic Dynamic bersifat fleksibel dan ideal digunakan untuk berbagai kebutuhan. Umumnya memiliki desain yang sederhana dengan beberapa bagian yang dapat dilepas. Mic jenis ini juga relatif kokoh dan lebih tahan banting.

Sangat cocok digunakan untuk suara dengan level volume yang sangat tinggi seperti alat-alat musik tertentu atau amplifier. Mikrofon dinamis tidak memiliki amplifier internal dan biasanya tidak memerlukan baterai atau daya eksternal.

Berbeda dengan mic condenser, pada mic dynamic menggunakan prinsip elektromagnetik, mikrofon dinamis menggunakan kumparan kawat dan magnet untuk menghasilkan sinyal audio.

Diafragma melekat pada kumparan. Ketika diafragma ini bergetar karena merespon gelombang suara yang masuk maka kumparan akan bergerak menjauh dan mendekat dari magnet. Peristiwa ini menciptakan arus pada kumparan yang disalurkan dari mikrofon ke kabel

Untuk kelebihan dan kekurangan kedua jenis mikrofon bisa dilihat pada tabel dibawah ini : 


JENIS MIC KELEBIHAN KEKURANGAN
CONDENSER -Sangat sensitif -Memerlukan daya tambahan/Phantom power
-Cocok untuk rekaman di studio/di dalam ruangan -Noise lebih besar jika diluar ruangan
-Dapat menangkap suara secara detil dan utuh -Harganya lebih mahal
DYNAMIC - Tidak memerlukan daya/power  tambahan - Kurang sensitif
- Cocok untuk volume tinggi seperti alat musik - Pemakain harus lebih dekat pada sumber suara
- Memiliki daya tahan yang bagus - Pemakaian terbatas

Baca Juga

Posting Komentar