Search Suggest

TRANSLATE

Peralatan Podcast dan Harganya

rekomendasi peralatan podcast murah terbaik, peralatan podcast, membangun studio podcast, alat alat podcast, harga peralatan podcast,
peralatan podcast

Bagi anda yang sedang / berencana  membangun studio podcast  tetapi masih bingung untuk memilih/  menentukan peralatan podcast seperti apa yang akan dipakai mungkin referensi berikut ini akan sedikit membantu anda, namun sebelumnya kita kenalan dulu sama apa itu podcast.  

Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh masyarakat  umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Namun, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada. 

Salah satu jurnalis The Guardian, Ben Hammersley pada tahun 2004, mengusulkan istilah “podcast” yang merupakan kepanjangan dari play-on-demand” dan broadcast”. Kemudian, diadopsi oleh perusahaan Apple, pada produk iPod dan Apple Podcasts.

Secara umum jenis podcast dibagi menjadi 3

Solo podcast 

Merupakan podcast yang dilakukan oleh host sendiri atau monolog. Tujuan dari solo podcast sendiri adalah untuk menyampaikan sebuah opini, berbagi informasi maupun sebuah cerita.

Interview podcast

Merupakan podcast dimana host akan melakukan sesi wawancara kepada tamu atau narasumber yang berbeda setiap episodenya. Salah satu contoh dari interview podcast terdapat dalam channel Youtube Deddy Corbuzier.

Multi host podcast

Merupakan podcast yang memiliki host lebih lebih dari satu orang. Tujuan dari multi host podcast sendiri adalah untuk menawarkan diskusi dan mempunyai pendapat serta perspektif yang berbeda, untuk mengembangkan diskusi yang lebih menarik. Sehingga, pendengar akan lebih tertarik untuk mendengarkan debat, dan dapat membawa nilai hiburan tersendiri. Semakin dalam pembahasan yang disampaikan, maka dapat meningkatkan jumlah trafik dari pengunjung podcast anda.

Peralatan untuk podcast

Ada banyak sekali peralatan utama maupun aksesoris yang digunakan untuk memproduksi sebuah podcast, namun supaya tidak membingungkan anda hanya perlu menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan  budget yang tersedia.

Mikrofon

Berdasarkan konekasinya dibedakan menjadi 2 yaitu mikrofon analog ( dengan koneksi XLR ) dan digital ( koneksi USB )  sedangkan berdasarkan tipe nya ada banyak sekali , tapi disini kita hanya membahas 2 tipe mikrofon yang paling sering dipakai untuk podcast yaitu mikrofon tipe dynamic dan condenser  ( untuk perbedaan, kelebihan dan kekurangan mic dynamic maupun mic condenser akan dibahas di artikel  selanjutnya )

- GMARK LGT 240 Taff Studio ( XLR, Condenser ) Rp.200 ribuan
- Samson Go Mic ( USB, Condenser ) kisaran harga Rp.700 ribuan
- Alctron UM900 ( USB,Condesnser ) kisaran harga Rp.800 ribuan
- Rode podmic ( XLR, Dinamic ) kisaran harga Rp. 1,4 jutaan
- Audio Technica ATR2500X ( USB, Condenser ) kisaran harga Rp.1.8 jutaan
- Audio Tecchnica AT2035 ( XLR, Condenser ) kisaran harga Rp. 2 jutaan
- Rode Podcaster ( USB, Dynamic ) kisaran harga Rp.2.7 jutaan
- Shure SM7B ( ( XLR, Dynamic ) kisaran harga Rp. 6 jutaan

 

Dudukan Mikrofon

alat podcast
Untuk podcast yang paling sering dipakai adalah bentuk stand mic dan boom arm ( sesuaikan dengan kebutuhan anda )

Calin Low Floor & Desktop Boom Microphone Stand kisaran harga Rp.100 ribuan
- Rode DS1 Desktop Stand kisaran harga Rp.300 ribuan
- Tascam TM-AM2 Boom Arm kisaran harga Rp. 1.2 jutaan
- Rode PSA1 Boom Arm kisaran harga Rp.1.4 Jutaan


Pop Filter

peralatan podcast
Pop filter merupakan alat sederhana yang memiliki fungsi penting  sebagai alat pemfilter noise untuk microphone dan biasanya digunakan didalam studio rekaman. Bentuk dari pop filter sendiri seperti saringan yang terbuat dari bahan logam ataupun bahan kain halus dengan berbagai macam bentuk atau variasi. Biasanya pop filter ini diletakkan tepat di depan sebuah microphone. Selain itu, pop filter mampu untuk membantu menghasilkan rekaman suara menjadi semakin jernih dan berkualitas. Pop  filter lebih banyak digunakan saat menggunakan mic berjenis condenser.

HOMU Pop Filter Mikrofon Double Layer / Pop Shield Micrphone kisaran harga Rp.40 ribuan
- Microphone Pop Filter Professional Metal Microphone Pop kisaran harga Rp.150 ribuan
- XOX PS11 harga kisaran Rp.150 ribuan

 

Headphone

peralatan podcast

Headphone digunakan untuk memonitor suara yang dihasilkan, banyak sekali headphone yang beredar dipasaran dengan kualitas dan harga yang bervariasi

Behringer HPM1000 harga kisaran Rp.200 ribuan
- Alctron HP280 harga kisaran Rp.400ribuan
- Maono Au-MH601 harga kisaran Rp.500ribuan
- Audio Technica ATH-M30X harga kisaran Rp.900ribuan
-Azden DW-05 Wireless harga kisaran Rp.2 jutaan


Audio interface / podcast console

peralatan podcast

Sebuah audio interface adalah perangkat yang digunakan untuk mengkonversi audio analog ke digital yang memungkinkan  anda untuk bisa merekam audio ke komputer, laptop atau perangkat digital mobile lainnya. Sedangkan podcast console memang dikhususkan untuk podcast dengan lebih banyak fitur.

- Maono AU-AM200 Portable podcast kisaran harga Rp.1.4 jutaan
- Maono AU-AM100 podcast console kisaran harga Rp. 2.8 jutaan
- Focusrite scarlite 2i2 kisaran harga Rp.3 jutaan 
- Zoom Podtrak P4 portable kisaran harga Rp.3.3 jutaan
- Rode Rodecaster Pro kisaran harga Rp.8 jutaan


Audio Mixer  ( optional )

peralatan podcast
adalah sebuah peralatan elektronik yang berfungsi memadukan (mixing), pengaturan jalur (routing) dan mengubah level, serta harmonisasi dinamis dari sinyal audio. Sinyal - sinyal yang telah diubah dan diatur kemudian dikuatkan oleh penguat akhir atau power amplifier.

Anda bisa saja hanya menggunakan audio mixer ini atau audio interface saja tanpa audio mixer, atau bisa juga  kombinasi keduanya ( ini tergantung kebutuhan anda ) jika hanya menggunakan audio mixer saya sarankan yang sudah support dengan soundcard ( biasanya mixer dengan koneksi USB )

- Behringer Xenyx 302 USB kisaran harga Rp. 900 ribuan
- Behringer Xenyx Q1002 USB kisaran harga Rp. 1.6 jutaan


Audio recorder

Digunakan untuk merekam audio yang dihasilkan , anda bisa menggunakan laptop / komputer , dengan laptop / komputer anda juga bisa mengedit audio yang dihasilkan , selain itu pada beberapa audio interface juga sudah support untuk recording ke memory card.

Itu tadi beberapa peralatan utama yang paling sering digunakan untuk memproduksi podcast, semoga bermanfaat.

Catatan : Untuk harga peralatan diatas adalah harga pada saat artikel ini di posting ( sewaktu-waktu bisa berubah )


BACA JUGA : 

- Mikrofon Condenser dan Dynamic

- Studio Televisi

- Bagaimana mikrofon bekerja

 

 

 

 

Baca Juga

Posting Komentar