Search Suggest

TRANSLATE

Mengenal Fungsi Multiplexer dalam Siaran Digital Terestrial

Multiplexer ( MUX ) merupakan suatu alat atau komponen elektronika yang bisa memilih / menerima satu atau lebih input (masukan) secara bersamaan

 

mux

Multiplexer ( MUX ) merupakan suatu alat atau komponen elektronika yang bisa memilih / menerima satu atau lebih input (masukan) secara bersamaan yang akan diteruskan ke bagian output (keluaran). Pemilihan input mana yang dipilih akan ditentukan oleh signal yang ada di bagian kontrol (kendali) atau selection


Multiplexer atau perangkat multipleksing ini menjadi salah satu infrastruktur penting dalam proses ASO atau migrasi TV analog ke TV digital yang saat ini sedang berlangsung dan direncanakan akan selesai paling lambat 2 November 2022 secara Nasional.


MUX dapat mengelola sistem siaran secara efisien, karena satu kanal frekuensi bisa digunakan bersama-sama. Hal itu tidak mungkin terjadi di system siaran analog yang satu kanal hanya untuk satu siaran saja. 


Terjadilah apa yang disebut infrastructure sharing dalam multipleksing. Satu kanal frekuensi dapat menyiarkan hingga dua belas program siaran secara bersamaan dengan kualitas program siaran standart definition menggunakan perangkat DVB-T2. 


Sedangkan komponen atau peralatan yang berfungsi kebalikan dari MUX ini disebut Demultiplexer (DEMUX). Pada DEMUX, jumlah masukannya hanya satu, tetapi bagian keluarannya banyak.


Itu tadi sedikit ulasan singkat tentang Multiplexer (MUX) semoga bermanfaat


BACA JUGA : 

- Apa itu Siaran Digital Terestrial 

- Apa itu ASO ?

- Jadwal Suntik Mati Siaran Analog

- Cara Cek Sinyal Siaran TV Digital Di Daerah Anda


Baca Juga

Posting Komentar