Search Suggest

TRANSLATE

Menggunakan CMD , PING dan TRACERT untuk cek Jaringan Komputer

Menggunakan CMD, ping, tracert untuk cek jaringan komputer

ping


Command Prompt atau lebih dikenal dengan CMD adalah salah satu aplikasi command line interpreter (CLI) yang ada di sistem operasi Windows. Perintah CMD berfungsi untuk memberikan berbagai perintah kepada komputer tanpa perlu menavigasi program berbasis GUI seperti File Explorer, Control Panel, dan sebagainya.

Ada banyak sekali perintah dalam penggunaan CMD ,tapi kali ini saya hanya akan membahas 2 perintah yang paling sering digunakan untuk menganalisa secara dasar  permasalahan jaringan lokal ( LAN ) dan koneksi internet, dua perintah tersebut adalah PING dan TRACERT

Cara Menggunakan CMD

Untuk dapat menggunakan CMD, silahkan buka terlebih dahulu CMD di komputer.
Berikut ini cara untuk membuka command prompt (CMD) dengan cepat :
1. Tekan dan tahan tombol Windows + R
2. Ketik CMD, lalu tekan Enter atau klik Ok
3. Jendela CMD akan terbuka, dan kita bisa mulai mencoba menjalankan berbagai perintah CMD

1. Fungsi ping

Perintah ping adalah perintah Command Prompt (CMD) yang digunakan untuk menguji kemampuan komputer sumber dalam mencapai atau menghubungi komputer tujuan yang ditentukan. 
Cek ping CMD biasanya digunakan sebagai cara sederhana untuk verifikasi bahwa suatu komputer dapat berkomunikasi melalui jaringan dengan komputer atau perangkat jaringan lain.
Dalam menggunakan fungsi ping pada CMD kita bisa langsung ketikkan ping  kemudian diikuti alamat IP ( untuk jaringan lokal/ LAN ) contoh: 192.168.1.254 atau kita bisa ketikkan domainnya jika kita tidak tahu alamat IP nya   ( untuk cek koneksi internet, misalnya google.com, getlucky.my.id dan sebagainya )  



Contoh umum balasan dari perintah PING 

Terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan balasan dari cek ping CMD tidak selalu berupa "Reply". Berikut beberapa hasil balasan dari cek ping CMD:

- Reply
Reply from 192.168.1.254 bytes=32 time 1 ms TTL=64
Balasan berupa "Reply" pada cek ping CMD menandakan bahwa host yang dihubungi memberikan feedback (umpan balik) sebagai indikator bahwa mereka saling terhubung dan terkoneksi.

- Request Timed Out 
Saat cek ping CMD dan mendapatkan balasan Request Timed Out, ini berarti bahwa komputer yang melakukan pengiriman ping mengenal adanya jaringan. Namun, perangkat tersebut tidak dapat menemukan alamat tujuan dalam waktu yang diberikan untuk melakukan ping. Maka, terjadilah time out.
Tidak ditemukannya alamat tujuan dapat terjadi karena memang alamat sudah tidak tersedia atau tidak terhubung.


- Destination Host Unreachable
Hal tersebut biasanya disebabkan adanya kerusakan secara fisik pada perangkat pengirim atau alamat jaringan yang dituju terhalang oleh Firewall. Umumnya, kerusakan fisik dapat terjadi pada kartu jaringan atau aktifnya Firewall.



- TTL Expired in Transit
Pada jaringan komputer, data yang dikirim maupun diterima memiliki TTL (Time To Live) atau waktu yang ditentukan oleh jaringan untuk tetap berada pada sebuah jaringan tertentu. Jika saat melakukan perintah ping sebuah IP address dan keluar hasil TTL Expired in Transit, hal tersebut menandakan paket data melebihi waktu yang telah ditentukan. 

Data yang dikirim tidak sampai pada tujuan, namun berputar hingga masa tenggang keberadaan pada jaringan habis sebelum mencapai tujuan.

- Unknown Host
Alamat IP atau nama host tidak berada pada jaringan atau tujuan nama host tidak dapat diselesaikan.
Error code 65, 10043 and 10050, transmit failed
Menandakan adanya disable untuk ping agar diizinkan untuk menerima ICMP echo dan ECHO Reply Packets.

- Hardware Error
Ketika mengetik ping, muncul Hardware Error.
 
 
2. Fungsi tracert

Perintah tracert adalah perintah Command Prompt (CMD) yang digunakan untuk menunjukkan beberapa detail informasi komunikasi komputer. Biasanya, perintah ini akan memberikan detail jalur mana saja yang dilewati sebuah paket dari satu komputer atau perangkat untuk tiba di komputer atau perangkat tujuan. Perintah tracert juga disebut sebagai perintah rute jejak atau perintah traceroute.

Hal ini dilakukan dengan mengirim pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan dengan nilai Time to Live  ( TTL ) yang semakin meningkat.

Pada sistem operasi Linux, baris perintah yang digunakan hampir sama. Namun, perintah "tracert" pada Windows diganti dengan "traceroute". Misalnya: traceroute google.com

Contoh perintah tracert pada Windows: “tracert getlucky.my.id” (tanpa tanda petik).

Baca Juga

إرسال تعليق