Search Suggest

TRANSLATE

Mengenal Rundown di Stasiun TV

Rundown pada stasiun televisi adalah daftar kegiatan atau acara yang akan ditayangkan dalam waktu tertentu.
rundown
contoh rundown

Rundown pada stasiun televisi adalah daftar kegiatan atau acara yang akan ditayangkan dalam waktu tertentu. Rundown ini berisi informasi terkait dengan waktu mulai dan selesai acara, judul acara, durasi, dan nama presenter atau pembawa acara.

Rundown pada stasiun televisi biasanya dibuat oleh produser acara atau pimpinan redaksi dengan melibatkan banyak tim produksi. Rundown ini disusun dengan tujuan agar acara-acara yang ditayangkan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun rundown adalah waktu siaran, target pemirsa, jenis acara, urutan acara, jeda iklan, serta penempatan sponsor. Rundown ini juga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi yang ada, seperti adanya peristiwa penting yang harus ditayangkan secara langsung atau acara yang harus dibatalkan karena berbagai alasan.

Secara umum, rundown pada stasiun televisi dibagi menjadi beberapa blok waktu, seperti blok siaran pagi, siang, sore, dan malam. Di dalam setiap blok waktu, terdapat beberapa acara atau program televisi yang ditayangkan secara berurutan. Sebelum acara dimulai, presenter atau pembawa acara biasanya akan memperkenalkan acara dan memberikan informasi singkat terkait dengan acara tersebut.

Dalam proses produksi televisi, rundown memiliki peran penting sebagai panduan atau acuan bagi seluruh tim produksi dalam mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk acara yang akan ditayangkan. Rundown juga membantu produser dan pimpinan redaksi dalam memantau perkembangan acara dan melakukan perubahan jika diperlukan agar acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Pada umumnya rundown di stasiun tv dibagi dua yaitu rundown acara dan rundown program

Rundown acara adalah rencana detail tentang bagaimana sebuah program televisi akan dijalankan. Rundown acara dapat dianggap sebagai sebuah skrip atau panduan untuk acara TV, dan termasuk informasi tentang waktu, urutan, dan isi program. Rundown acara biasanya disusun oleh produser atau penulis acara, dan digunakan oleh seluruh staf produksi untuk memastikan bahwa acara TV berjalan dengan lancar.

Berikut adalah beberapa elemen umum yang dapat ditemukan dalam sebuah rundown acara di stasiun TV:

Waktu: Rundown acara akan mencantumkan waktu mulai dan selesai acara, serta waktu untuk setiap segmen yang ada dalam acara.

Judul: Setiap segmen atau bagian dalam acara akan memiliki judul yang jelas dan deskriptif.

Deskripsi: Deskripsi singkat tentang isi segmen atau bagian dalam acara.

Keterangan visual: Informasi tentang gambar atau video yang akan ditampilkan selama segmen acara.

Keterangan audio: Informasi tentang musik, efek suara, atau suara narasi yang akan digunakan selama segmen acara.

Durasi: Durasi waktu yang dijadwalkan untuk setiap segmen atau bagian acara.

Skenario: Rundown acara dapat mencantumkan skenario atau naskah yang harus dibaca oleh pembawa acara, atau instruksi tentang apa yang harus dikatakan oleh pembawa acara selama acara.

Instruksi teknis: Instruksi teknis tentang pengaturan kamera, pencahayaan, dan instruksi lainnya yang harus dilakukan oleh staf produksi selama acara.

Rundown program adalah daftar acara yang akan disiarkan oleh stasiun TV selama periode waktu tertentu. Rundown program sering disebut juga sebagai jadwal siaran TV / pola siar. Rundown program biasanya mencakup informasi tentang waktu dan durasi acara, judul acara, dan keterangan singkat tentang isi acara. Rundown program buat oleh staf programing untuk panduan kru MCR terkait jadwal acara yang akan disiarkan oleh stasiun TV pada hari tertentu. (ai)

Baca Juga

إرسال تعليق